Senin, 04 April 2011

"agar saya dicintai semua orang",.

setiap orang pasti mendambahakan dicintai oleh orang lain, cinta adalah anugerah dari sah kuasa. dalam artikel ini akan sedikit mengupas tentang salah satu nikmat dari allah SWT tersebut, untuk lebih lengkapnya tunggu edisi berikutnya,..letscekidot..


Disaat awal usahanya , ia mungkin gagal dikarenakan oleh factor kepribadian yang tidak mendukung, seperti rasa malu, takut, atau sibuk dengan gaya penampilan agar tampil bedaserta beberapa factor lain.
Mari kita kembali pada pertanyaan pokok dalam bahasan ini, yaitu ketikananda bertanya kepada diri anda sendiri. : “bagaimana agar saya disukai oleh semua orang”??
Seorang ulama besar Ibnu Qayyim al-jauziyah telah menjawab pertanyaan ini dalam sebuah kitab klasik karyanya yang berjudul “madarij as-salikhin”. “ jadikan diri anda sebagai ‘gula pertama’untuk menarik rasa simpati dan rasa cinta orang kepada anda”!, katanya.
Dalam ma’tsurat al-hukmi disebutkan, “langkah pertama dalam berteman adalah perkenalan, kemudian menyukai. Setelah itu bersatu, baru kemudian bergaul. Kemudian muncul rasa cinta yang dilanjutkan denga rasa persaudaraan (ukhuwah).
Yahya bin Khalid al-barmaki pernah berkata, “jika anda menyukai seseorang tanpa suatu sebab tertentu, maka carilah kebaikannya. Dan apabila anda membenci seseorang tanpa suatu sebab tertentu, maka jauhi kejahatannya”.
Seseorang bertanya “ apakah itu berarti saya harus mengulurkan tangan cinta kepada semua orang yang saya jumpai?”, tentu tidak demikian. Bukan berarti ketika saya berjalan – jalan ditengah keramaian orang, dijalanan maupun taman – taman, saya harus menunjukan rasa cinta dan suka kepada mereka semua. Yang dimaksudkan disini adalah, anda harus memulainya dengan keluarga, tetangga, teman – teman satu kantor atau satu sekolah. Hingga pada akhirnya nanti meluas, dan anda kian banyak bertemu dengan komunitas manusia di banyak tempat. Anda bertemu dan berkenalan dengan mereka. Merekapun berusaha untuk bisa bertemu dan berkenalan lebih dekat dengan anda.
Lantas, bagaimana saya memilih di antara mereka yang lebih dekat dengan saya.??
Kata hikmah yang dituturkan oleh yahya bin Khalid al-barmaki adalah jawabannya. :” jika anda menyukai seseorang tanpa suatu sebab tertentu, maka carilah kebaikannya. Dan apabila anda membenci seseorang tanpa suatu sebab tertentu, maka jauhilah kejahatannya.”
Cinta atau suka merupakan anugerah ilahi. Tidak ada penyebab pasti yang dapat kita sebutkan. Cinta itu bercampur dengan segala sifat – sifat terpuji yang telah diberiakan Allah kepada kita. Ali bin abi Thalib r.a pernah mengatakan, “ pergaulilah orang – orang mukmin dengan hatimu, dan pergaulilah orang yang bejat ( berdosa) dengan akhlakmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar