Selasa, 22 Februari 2011

Pesan nabi untuk mengapai kebahagiaan hidup

Pesan nabi untuk mengapai kebahagiaan hidup
“perbaharui kapalmu karena samudera yang akan kau arungi sangat luas. Siapkan bekalmu karena perjalanan yang akan kau arungi sangat begitu jauh. Turunkan bebanmu karena bukit yang akan kau daki sangat tinggi dan sulit untu didaki. Ihklaskan pekerjaanmu karena hakimnya nanti adalah yang maha melihat”


#1 perbaharui kapalmu karena samudera yang akan kau arungi sangat luas.
Langkah pertama dalam menggapai kebahagiaan hidup adalah senantiasa memperbaharui kapal. Kapal disini berarti iman. Kita diibaratkan seorang nahkoda yang sedang mengarungi samudra. Dalam perjalanannya selalun ada angin dan badai yang menerpa. Walaupun begitu kapal harus tetap jalan. Agarselamat sampai tujuan diperlukan kapal iman yang kuat dan tangguh.
Perbaharui iman setiap saat. Sesungguhnya tantangan hidup akan selalu berubah setiap saat dan tempat. Tantangan dahulu berbeda dengan tantangan hidup di zaman sekarang dan masa mendatang. Begitu pula tantangan didesa akan berbeda dengan tantangan dikota.
Jika memiliki iman yang kuat niscaya terhindar dari berbagai rintangan hidup, rongrongan pola ikir dan perilaku kaum yahudi dan nasrani. Nabi pernah memperingatkan “ suatu saat umatku akan mengikuti kaum yahudi dan nasrani, bahkan ketika mereka masuk ke lubang biawakpun, umatku mengikuti”

#2 siapkan bekalmu karena perjalanan yang akan kau lalui sangat begitu jauh
Yang dimaksud bekal disini adalah amal kebajikan, bukan materi duniawi. Setiap saat hendaknya disibukan denga usaha memperbaharui kualitas ibadah, akhlak, integritas diri serta kontribusi/ manfaat bagi orang lain. Tidak menghabiskan waktu untuk urusan duniawi semata.

#3 turunkan bebanmu karena bukit yang akan kau daki sangat begitu tinggi dan sulit didaki.
Maksudnya jangan banyak melakukan dosa dan kesalahan. Setiap langkah hendaknya diperhitungkan. Semakin tingi pohon, semakin berat angin yang menimpa. Namu ia akan semakin kuat dan menjadi peindung. Begitu juga dengan kehidupan, semakin berusaha menjadi lebih baik, semakin berat juga tantangan dan rintanganya. Tidak ada kemuliaan dan pangkat terhormat yang diraih dengan kemalasan. Ujung baik haruslah diawali dengan awal yang baik.

#4 ikhlaskan pekerjaanmu karena hakimnya nanti adalah yang maha melihat.
Pesan terakhir adalah selalu menjaga keikhlasan dan segala amal. Usahakan segala apa yang akan kita kerjakan didunia niatnya semata – mata mencapai ridho Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar